logo


Promosikan Bunga dan Buah Lokal, IPB Bakal Gelar FBBN 2015

Selain ada karnaval bunga dan buah keliling Kota Bogor, acar ini juga dimeriahkan dengan aneka lomba

13 November 2015 10:28 WIB

Banner Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015. (Foto : fbbnipb.com)
Banner Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015. (Foto : fbbnipb.com)

BOGOR, JITUNEWS.COM – Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyelenggarakan Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2015 akan di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 27-29 November 2015 mendatang. Istimewanya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun dijadwalkan akan menghadiri kegiatan yang akan dilangsungkan di kampus IPB Baranangsiang, Bogor tersebut.

"Rektor IPB sudah secara khusus menyampaikan undangan kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu dalam pertemuan para rektor dengan presiden," kata ketua pelaksana Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015, Jumadi S Witoprwiro beberapa waktu lalu.

Kegiatan Festival Bunga dan Buah Nusantara kali ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan sejak dimulai tahun 2013 oleh IPB bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor dan sejumlah kementerian. Kegiatan ini ditujukan untuk mempromosikan bunga dan buah lokal agar lebih diminati oleh masyarakat untuk dikonsumsi sehingga mendorong meningkatnya produktivitas pertanian. Kata Jumadi, ditargetkan, kegiatan FBBN 2015 ini dapat dihadiri oleh 1.000 orang pengunjung.

Menyoal acara FBBN 2015 ini, Jumadi menuturkan, penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015 kali ini akan lebih meriah dan semarak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Selain ada karnaval bunga dan buah Nusantara keliling Kota Bogor, juga dimeriahkan dengan aneka lomba, seperti lomba fotografi bunga dan buah, processing buah, merangkai bunga, fashion show untuk anak usia dini, menggambar, menghias horta dan tari kreasi oleh pelajar SMA," bebernya.

Jumadi menambahkan, pada FBBN 2015 ini akan ada sekitar 25 mobil hias, 20 grup marching band, 55 pertunjukan kostum dan 20.000 peserta yang akan berkeliling Bogor mengampanyekan kecintaan terhadap buah lokal.

”Ada juga acara Fruitpeneur Got Talent yang bertujuan untuk menyeleksi 10 pemuda sebagai calon pebisnis hortikultura,” ujar Jumadi.

Lanjut Jumadi, beberapa tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan FBBN ini antara lain:

Bali Bakal Menggelar Festival Manggis, Catat Tanggal Mainnya Ya!

  1. Melakukan forum investasi dan bisnis buah Nusantara skala usaha kecil dan menengah tentang revolusi pengembangan buah Nusantara untuk kesejahteraan Bangsa Indonesia.
  2. Melakukan Fruitpreneur Got Talent untuk merangsang, mendorong dan menumbuh-kembangkan kewirausahaan buah Nusantara pada mahasiswa dan generasi muda.
  3. Melakukan expo dan bursa bunga dan buah Nusantara untuk menghadirkan expo dan bursa produk-produk usaha bunga dan buah Nusantara dan industri penunjang bunga dan buah Nusantara serta hasil inovasi dan teknologi bunga dan buah Nusantara.
  4. Melakukan kontes buah keruk dan mangga untuk mencari jenis dan varietas unggulan untuk kepentingan pasar dalam negeri dan atau pasar ekspor dan untuk kepentingan produk segar dan atau produk olahan.

 

Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

Selanjutnya >
Penulis : Riana