logo


Ini Khasiat Jitu Daun Kelor Menurut Pakar Herbal Tati Winarto

Ektrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri

28 Oktober 2015 10:53 WIB

Pakar Herbal Tati Winarto (Ist)
Pakar Herbal Tati Winarto (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Daun kelor, masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan tanaman obat satu ini. Ya, tanaman yang bernama latin Moringa oleifera ini merupakan salah tipe satu tanaman yang umum tumbuh subur di banyak daerah Indonesia. Akhir-akhir ini popularitas dari daun kelor untuk kesehatan makin melonjak cepat. walau demikian banyak juga yg tidak tahu apa faedah dari daun kelor tersebut.

Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, daun kelor adalah salah satu tanaman obat yang mempunyai  banyak kandungan gizi, salah satunya adalah yaitu vitamin A dan kalsium.

“Kandungan vitamin A dalam daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai kurangi resiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelor juga baik apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya,” terang wanita yang kerap disapa ibu Tati ini.

Tidak cuma itu, kata Tati, tanaman kelor juga gampang untuk diperoleh di beberapa daerah spesifik. Kelor pun baik diberikan pada anak-anak yang kekurangan gizi. Daun ini dapat dimasak sebagai sayur bening. Soal rasa, tentu saja daun kelor juga tak kalah nikmatnya dengan sayuran lain sejenis bayam ataupun katuk.

Lebih lanjut Tati menjelaskan, wanita yang tengah menyusui juga sangatlah dianjurkan untuk mengonsumsi daun yang berjuluk ‘pohon ajaib’ ini. Menurut Tati, tingginya kandungan gizi daun kelor diakui dapat meningkatkan produksi air susu ibu yang sangatlah baik untuk tumbuh kembang bayi.

Selain khasiat di atas, dikutip dari laman live strong, daun kelor juga memiliki khasiat lain, seperti :

1. Melindungi tubuh dari bakteri

Ektrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri. Dalam riset yang diterbitkan dalam Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, ekstrak daun kelor menghalangi perkembangan mikroorganisme yang tidak baik untuk tubuh, sepertis Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Salah satu manfaat tak terduga daun kelor yaitu membantu melindungi kadar darah dan kandungan kolesterol, hal ini tertuang dalam Journal Phytotherapy Research. Aspek ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang membantu turunkan tekanan darah. Lantas, kandungan phytoconstituent bioaktif dalam daun kelor bantu jagalah kandungan cholesterol terus sehat.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Dengan mengonsumsi makanan sehat otomatis akan membantu ginjal bekerja tambah baik, demikian sebaliknya makanan tak sehat sejenis kaya lemak akan menumpuk di ginjal yang mengakibatkan permasalahan pada kesehatan. Nah, dengan mengkonsumsi daun kelor, otomatis dapat membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah tak baik.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Ingin Cegah Penuaan Dini, Rambutan Solusinya

Halaman: 
Penulis : Riana
×
×