logo


Mental Kacer Sedang Drop? Ikuti Langkah Berikut!

Kondisi kacer yang tidak fit akan membuatnya tidak mengeluarkan jati diri yang sebenarnya

4 Oktober 2015 12:17 WIB

Burung Kacer. (Ist)
Burung Kacer. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kacer merupakan burung petarung alami yang berani mempertaruhkan nyawanya untuk membela wilayahnya dari cengkraman kacer lain. Sifat petarung yang dimilkinya membuat banyak kicau mania tertarik untuk memeliharanya.

Langkah Jitu Dalam Penggemukan Sapi Cara Intensif

Namun, burung bertipe fighter seperti ini terkadang ada saat dimana mentalnya menjadi drop, terutama ketika bertanding tidak dalam kondisi yang fit.

Pasalnya, kondisi yang tidak fit akan membuat burung tidak mengeluarkan jati diri yang sebenarnya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal berikut agar kacer kesayangan Anda tidak mengalami hal tersebut.


Hindari Membakar Jerami, Jadikanlah Kompos dan Tuai Manfaatnya

Perhatikan kondisi burung ketika akan ditandingkan

Burung yang sudah dalam kondisi sangat fit tentu tidak akan mudah drop atau dalam istilah lain "ngebagong" ketika ditandingkan dengan burung yang sejenis. Untuk menjaga kondisi tersebut, Anda harus melakukan perawatan dari segi pemberian pakan terutama extra fooding dan mandi.

Jangan menggantungkan kacer secara berdekatan dengan burung sejenis

Kacer yang terlalu sering didekatkan dengan burung sejenis maupun dengan burung bertipe fighter lainnya, seperti murai batu atau tledekan gunung, akan cenderung memiliki mental yang kurang baik dan mudah drop ketika bertemu lawan-lawan yang lebih tangguh darinya. Jauhkan sangkar kacer dari burung-burung tersebut agar mentalnya tetap terjaga.

Ladies, Yuk Coba Menanam Seledri di Rumah! Ini Tipsnya

Penulis : Aditya Wardhana, Deni Muhtarudin
×
×