logo


Pengamat: RUU Kamnas Bukan 'Perang' TNI Vs Polri

UU Kamnas ini memiliki jangkauan yang lebih luas terkait dengan keamanan negara.

27 Agustus 2015 00:00 WIB

Pengamat militer, Dirgo W Purbo, saat diskusi RUU Kamnas di Pusat Pengkajian Strategi Nasional (PPSN), Kamis (26/8).(Dok.Jitunews)
Pengamat militer, Dirgo W Purbo, saat diskusi RUU Kamnas di Pusat Pengkajian Strategi Nasional (PPSN), Kamis (26/8).(Dok.Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat militer, Dirgo W Purbo, mengatakan bahwa pentingnya dibentuk UU Kemnas bukan soal kepentingan antara TNI dan Polri. Tetapi UU Kemnas ini memiliki jangkauan yang lebih luas terkait dengan keamanan negara.

"UU Kemnas ini erat kaitannya dengan soal ekonomi dan pertahanan negara, untuk memprotek wilayah nasional beserta isinya," ujar Dirgo W Purbo, di gedung Pusat Pengkajian Strategi Nasional (PPSN), Kamis (26/8).

Lebih lanjut, Ia menegaskan bahwa persediaan sumber daya alam juga menjadi bagian dari kepentingan bersama yang perlu untuk dijaga.

"Bayangkan kalau ada orang luar mengambil kekayaan alam kita, itu yang perlu kita jaga dan lindungi, maka UU Kemnas ini menjadi penting," ujarnya.

Kita jangan menyempitkan UU Kemnas ini pada soal kepentingan TNI dan Polri.

"Tidak ada perebut kepentingan disini, tetapi pada soal upaya bersama untuk memperkuat ketahanan nasional kita," tandasnya.

Ia mengatakan bahwa adanya dugaan bahwa isu perebutan kepentingan antara TNI dan Polri ini sengaja dimainkan oleh orang-orang tertentu untuk menutup kepentingan yang lebih luas dari adanya UU Kemnas ini.

Tahun Depan, Pemerintah Bangun 47 Pembangkit Diesel

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan
×
×