logo


Selain Keputihan, Harendong Juga Punya Manfaat Lainnya Lho!

Senyawa kimia yang terdapat di dalam harendong antara lain adalah saponin, tanin dan flavonoid

22 Juli 2015 13:07 WIB

Tanaman harendong. (Ist)
Tanaman harendong. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COMHarendong, tanaman yang juga dikenal dengan nama senggani ini biasanya tumbuh di kawasan yang mendapatkan sinar matahari yang cukup seperti lereng gunung, daerah semak belukar yang tidak terlalu rimbun, dan lainnya. Ia biasa tumbuh pada ketinggian di atas 1.650 mdpl.

Penghapus Kenangan Buruk Itu Bernama Kunyit

Cirinya dapat dikenali dari fisiknya yang tegak, dengan ketinggian antara 0,5 sampai 4 meter, bersisik, memiliki banyak cabang, dan berambut. Daunnya sendiri tunggal, memiliki tangkai, dan letaknya berhadapan bersilangan. Sedangkan, helai daunnya berbentuk bundar telur, ujungnya lancip, tepiannya rata, dan permukaannya berambut pendek. Buahnya yang masak tampak merekah dengan warna ungu kemerahan.

Komposisi kandungan kimia yang terdapat di dalam harendong antara lain adalah saponin, tanin dan flavonoid. Nah, berikut adalah manfaat harendong untuk kesehatan kita, yuk simak!


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Mengobati Keputihan

  • Siapkan 2 genggam daun harendong, berikut bangle dan jahe seukuran ibu jari. Jika jahe atau banglenya habis, maka bisa diganti dengan 3 kuncup cempaka dan 3 biji pinang yang sudah tua.
  • Cuci bersih dan kemudian potong-potong seperlunya. Kemudian, masukkan 3 gelas air dan juga satu sendok makan cuka. Lalu, rebuslah sampai akhirnya tersisa sekitar 2 gelas lagi.
    Setelah airnya dingin, saringlah dan minum sebanyak 1 gelas dan 2 kali dalam sehari. Anda harus minum masing-masing satu gelas tiap kali.

Mengobati Diare

  • Siapkan daun harendong muda 1 genggam, tiga lembar daun sembung, dan buah manggis sebanyak 5 gram. Cuci bersih dan kemudian rebuslah dengan air sebanyak 1 setengah gelas air bersih sampai akhirnya tersisa ½ gelas saja.
  • Setelah airnya dingin, saringlah untuk kemudian diminum sebanyak 3 kali setiap harinya.

Mengobati Disentri Basiler

  • Siapkan aseman dan daun harendong secukupnya untuk direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas saja.
  • Setelah air rebusan tersebut dingin, minumlah sekaligus. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

Menetralkan Racun

  • Siapkan daun harendong sekitar 60 gram untuk direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tinggal tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, saringlah untuk diminum.

Tertarik mengaplikasikannya? Semoga berguna ya!

(Sumber: deherba)

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana