logo


Depok Heritage Community, Komunitas yang Dibangun Untuk Menggali Sejarah Depok

Komunitas ini mengawali kegiatannya dengan menaiki sepeda ontel berkeliling kota Depok

19 Juli 2015 09:18 WIB

Depok Heritage Community, komunitas ini dibentuk untuk melestarikan sejarah kota Depok yang kini banyak dilupakan. (Foto : IST)
Depok Heritage Community, komunitas ini dibentuk untuk melestarikan sejarah kota Depok yang kini banyak dilupakan. (Foto : IST)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Depok, sebuah kota administratif yang letaknya berbatasan dengan kota Jakarta dan Bogor ini merupakan bagian dari perjuangan masa silam dalam tonggak perebutan kekuasan di jaman penjajahan dahulu kala. Puing-puing sejarahnya yang berserakan, membuat sejumlah warga Depok tergerak hatinya dengan membuat komunitas yang diberi nama Depok Heritage Community. Komunitas ini dibentuk untuk melestarikan sejarah kota Depok yang kini banyak dilupakan oleh anak-anak muda khususnya.

Komunitas yang berdiri sejak 5 juli 2011 ini, mengawali kegiatannya dengan menaiki sepeda ontel berkeliling kota Depok. Ternyata saat berkeliling itu, mereka banyak menemukan bangunan-bangunan  tua yang mengandung nilai sejarah di sejumlah daerah di Depok, khususnya daerah Depok lama. Hal inilah yang menjadi cikal bakal keinginan tahuan mereka mengorek lebih dalam sejarah atau asal usul kota Depok.

“Ketika berkeliling, kami selalu mencatat dan mendokumentasikan apa yang telah kami temui, pernah sewaktu-waktu kami melakukan susur kali Ciliwung, untuk mencari sisa-sisa sejarah masa lampau yang tertinggal,” ujar Ratu Farah Diba yang menjabat sebagai ketua komunitas.


Sekalian Launching, Pajero Sport Club Soloraya Adakan Touring Perdana

Komunitas ini menyayangkan bahwa banyak generasi muda yang belum mengetahui asal-usul kota Depok.

“Sekarang banyak sekali bangunan tua yang seharusnya menjadi asset, tetapi dihancurkan untuk kepentingan bisnis,” keluhnya.

Untuk itu, komunitas yang mengusung dimana bumi dipijak, langit dijunjung ini, selalu berusaha giat untuk mengangkat kota Depok tercinta dalam hal sejarahnya.

Semarak Anniversary 1st Truck Lover Plat AD di Asrama Yonif 413 Kostrad

Halaman: 
Penulis : Hartati, Riana
×
×