logo





Menguak Kedahsyatan Karet Kebo Menggilas Bisul dan Maag. Seperti Apa?

Efek farmakologis antara lain melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit

5 Juni 2015 14:38 WIB

Akar tanaman karet kebo dapat mengobati bisul. (Ist)
Akar tanaman karet kebo dapat mengobati bisul. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkah Anda mendengar nama tumbuhan liar ini, karet kebo. Namanya memang unik, tapi jangan salah, ia punya khasiat dahsyat lho sebagai obat herbal.

Penghapus Kenangan Buruk Itu Bernama Kunyit

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ficus elastica ini berbentuk pohon besar, tingginya bisa mencapai 20-30 meter. Batang berkayu, silindris, warna cokelat tua, permukaan halus, percabangan menyebar tak beraturan hingga membentuk pohon yang rindang, keluar akar-akar menggantung dari batang atau cabang yang sudah besar.

Karet kebo dapat ditemukan tumbuh liar atau dipelihara sebagai tanaman hias, atau juga ditanam di pot. Ia dapat ditemukan sampai 500 m dpl. Diyakini, tanaman ini berasal dari India.


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia terkandung dalam karet kebo diantaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Akar dan kulit kayu mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Daun mengandung saponin, polifenol, dan tanin. Efek farmakologis yang dimilikinya antara lain melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit atau analgentik.

Pemanfaatan tanaman sebagai obat herbal yakni dari akar dan batangnya. Akarnya dapat digunakan untuk mengobati bisul, maag, amenorrhoea sekunder, dan rematik sendi.

Untuk pengobatan bisul, cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan di tempat yang sakit. Pengobatan amenorrhoea sekunder, cuci bersih 40 gram akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersusa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Untuk pengobatan maag, cuci bersih 35 gram akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Untuk pengobatan rematik sendi, cuci bersih 30-50 gram akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Sedangkan untuk pemanfaatan batang, batang tanamanĀ  disadap hingga keluar getahnya, kemudian getahnya di oleskan pada bagian yang sakit, lalu dibalut kasa pada bagian yang luka.

Perbanyakan karet kebo dapat dilakukan dengan setek batang. Perawatan karet kebo sangat mudah. Tanaman ini hanya perlu disiram secara teratur. Nah, Anda tertarik mengaplikasikannya di rumah? Semoga bermanfaat ya! (berbagai sumber)

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Penulis : Riana